Friday, August 13, 2010

Wahh~ Faedah berpuasa :)

salam , hari nie nas nak post pasal faedah kita berpuasa.Takk pe an ? :)
*kalau tak buleh un , kawe nak post jugak!
[ budak kicill -.- ]

1. Orang yang berpuasa menahan hawa nafsu dari makan minum dan segala yang membatalakannya sejak dari terbit fajar hingga terbenam matahari tentulah dapat menimbulkan perasaan dalam hatinya, ingin menolong fakir miskin.

2. Menanamkan sifat sabar, karena orang yang berpuasa terdidik menahan lapar, haus dan nafsu tebtu akan berhati sabar dalam menahan segala kesukaran dan kesengsaraan.

3. Mendidik bersifat amanah, karena dengan berpuasa dapat melatih diri menjadi orang yang dapat dipercaya. Meskipun dalam keadaan lapar dan haus, segala yang akan dimakan dan diminum sudah tersedia, dan tidak ada seorang pun yang mengetahui, namun iya sedikit pun tidak mau makan atau minum dengan demikian jiwa orang yang berpuasa itu akan terbentuk sikap dapat dipercaya oleh orang lain. Dan dengan puasa itu mendidik seseorang menjauhi hak orang lain (yang bukan haknya sendiri) walapun begitu kuat dorongan hawa nafsunya.

4. Mendidik bersifat shidiq (benar) karena dengan puasa orang dapat menjaga diri dari sifat pendusta (pembohong) sebab sifat pendusta itu dapat menghapus pahala puasa dan dilarang keras oleh Allah Ta’ala.

5. Menambah kesehatan, karena orang yang berpuasa itu menahan nafsunya dari makan, minum dan lain-lainnya, oleh karena itu terjaga kesehatannya. kita mengetahui bahwa penyakit-penyakit itu berawal dari perut. Sebab semua yang telah dimakan dan diminum tersimpan dalam perut, dan jika kurang pemeliharaannya, tentu akan merusak kesehatan. Maka dengan berpuasa perut kits dikosongkan dan dibersihkan dari segala kotoran, yang dapat menjauhkan dari berbagai penyakit. Bukan hanya penyakit lahir saja, tetapi penyakit batin pun akan tercuci dengan berpuasa.


0 kisses me :):